Good Karma Movement Beach Clean Up Dan Lepas Tukik

Pantai Perancak sore itu tidak seperti biasanya, puluhan pemuda berjalan pelan menyusuri pantai sambil menenteng kantong besar. Mereka memunguti sampah plastik yang ada diatas pasir Pantai Perancak yang dilaluinya. Sampah-sampah tersebut lalu dikumpulkan untuk selanjutnya dibawa ke TPA.

Aksi bersih-bersih tersebut adalah rangkaian dari peringatan hari jadi yang ke 5 Handmad Store Negara dan juga salah satu dari aksi Good Karma Movement. Aksi bersih pantai ini dikoordinir oleh Gerakan Jembrana Muda (GERAM) pada Minggu(10/04/2021).

Selain aksi bersih pantai juga dilakukan pelepasan tukik di pantai perancak ke laut lepas.

“Ini merupakan kolaborasi dari Geram dan Good Karma Movement untuk lingkungan, dalam hal ini Jembrana khususnya” kata Alex Semar koordinator GERAM.

Alex menuturkan selama ini aksi – aksi dari Geram selalu di suport penuh oleh Handmad melalui program Good Karma Movement dimana untuk Jembrana memfokuskan pada aksi bersih – bersih pantai dan penyelamatan penyu. Aksi kali ini dipantai perancak, karena dipantai ini ada loloan yang setiap hari membawa sampah plastik dari hulu.

“Disini ada loloan yang terus membawa sampah plastik dari hulu kelautan, boleh dibilang inilah satu penyumbang sampah plastik di lautan. Kami sebisanya melakukan pembersihan” tutur Alex.

Alex menambahkan untuk pelestarian penyu Geram dan GOOD Karma Movement bekerjasama dengan Anom Jaya dari Kelompok Pelestari Penyu (KPP) Kurma Asih.

Penyu perlu dijaga karena menjadi indikator bagus tidaknya sebuah perairan. Laut yang di dalamnya masih banyak ditemukan penyu menandakan masih bagusnya laut tersebut. Selain itu, penyu juga dilindungi, antara lain melalui UU No.5/1990, UU No.31/2004 serta Peraturan Pemerintah No. 7 dan 8 tahun 1999.

Alex mengajak semua lapisan masyarakat, khususnya para pemuda untuk ikut peduli terhadap lingkungan. Jangan hanya mengandalkan orang lain, tetapi bergeraklah dengan kemampuan sendiri. Karena saat pohon terakhir telah mati, sungai terakhir telah tercemar dan ikan terakhir sudah ditangkap, maka kalian akan menyadari betapa manusia tidak dapat memakan uang.

THANK GOD FOR GOOD KARMA