Komang Ayu Cahya Dewi Raih Perak di Cabor Bulu Tangkis Tunggal Putri PON XX Papua 2021

HandmadNews – Komang Ayu Cahya Dewi cetak sejarah bagi dunia bulutangkis Bali dengan meraih medali perak usai dikalahkan pebulu tangkis Jawa Barat, Saifi Riska Nuhidayah pada final cabor tunggal putri bulu tangkis PON XX Papua. Emas yang diraih Saifi harus dilalui dalam tiga game yang berlangsung sangat sengit.

Bertanding di Gor Waringin Jayapura, Papua, Indonesia pada Rabu (13/10/2021) pagi WIB, Komang Ayu sempat mengambil game pertama dengan skor telak 21-8. Namun begitu, Saifi berhasil bangkit di dua game selanjutnya dan memastikan kemenangan atas Komang Ayu dengan skor 21-17 dan 21-18.

Jalannya pertandingan pada game pertama, Komang Ayu langsung mendominasi jalannya pertandingan. Terpantau, pukulan smash Komang Ayu berkali-kali sukses menusuk pertahanan milik Saifi. Tak hanya itu, beberapa kali pukulan menyilang juga berhasil membikin Saifi kewalahan. Alhasil, Komang berhasil menuntaskan perlawanan wakil Jawa Barat di game pertama dengan skor 21-8.

Pada game kedua, Saifi bangkit dan memberikan perlawanan yang menyulitkan wakil Bali. Namun begitu, Komang Ayu juga tidak mau kalah dengan melancarkan beberapa serangan. Alhasil, pertandingan berjalan ketat sejak awal. Saifi terus memberikan perlawanan ketat kepada Komang Ayu. Beberapa variasi pukulan terus dilancarkan atlet asal Jawa Barat tersebut. Hasilnya positif, Saifi menutup interval pertama lewat kemenangan dengan skor tipis 11-10.

Setelah interval pertama, ketatnya pertandingan tidak berubah. Keunggulan Saifi tak membuatnya mendominasi permainan. Sebaliknya, Komang Ayu terus menempel ketat perbedaan angka. Bahkan, berkali-kali rally panjang terjadi pada pertengahan gim ketiga ini, berkali-kali juga keduanya bergantian memimpin. Namun begitu, Saifi konsisten di beberapa angka terakhir gim ketiga.

Pada akhirnya, Saifi berhasil lepas dari tekanan dan menuntaskan perlawanan Komang dengan skor 21-18.