Epipremnum sp Bali Hanoman, Tanaman Sultan dengan Harganya Selangit

HandmadNews – Seiring meningkatnya tren tanaman hias dimasyarakat, kini tanaman hias epipremnum juga mulai digandrungi masyarakat. Tanaman yang cocok dijadikan sebagai tanaman hias indoor ini digandrungi lantaran warna dan bentuk daunnya yang unik, dan saat ini ada salah satu jenis tanaman hias epipremnum yang tidak kalah populer di kalangan masyarakat dan karena hal tersebut kini harga tanaman ini melambung tinggi hingga mencapai 50 juta. Tanaman tersebut adalah Epipremnum sp Bali Hanoman yang ditemukan di Bali.

Epipremnum adalah salah satu tanaman hias dari keluarga Araceae. Tanaman ini juga memiliki sebutan lain yaitu sirih gading. Epipremnum termasuk tanaman merambat dengan pangkal daunnya cenderung lurus. Epipremnum memiliki akar udara yang membantunya tumbuh dengan merambat. Tanaman ini dapat tumbuh baik di media tanam air maupun di dalam pot.

Dikutip dari agrozine.id saat ini muncul spesies baru di dalam list tanaman epipremnum yaitu Epipremnum sp Bali Hanoman di Bali yang ditemukan oleh anak-anak muda Bali. Epipremnum sp Bali Hanoman ini dikenal sebagai salah satu tanaman hias sultan lantaran harganya yang cukup mahal. Namun begitu harga tidak menjadi masalah bagi mereka para kolektor tanaman hias sehingga meski dengan harga yang menguras kantong, tanaman ini tetap laku terjual.

Epipremnum ditemukan oleh anak muda di Bali. Tanaman ini pertama ditemukan secara tidak sengaja pada akhir tahun 2020. Sama seperti tanaman epipremnum lainnya, tanaman ini juga ditemukan merambat di pohon dengan ketinggian hampir 12 meter.

Epipremnum sp Bali Hanoman ini memiliki daun berwarna putih dengan guratan hijau samar pada permukaan daunnya. Saat ditemukan tanaman tersebut tidak memiliki daun di bagian bawah sehingga jarang orang yang menyadari keberadaannya.

Warna putih pada tanaman ini disebabkan oleh mutasi alam dan saat ini tanaman  ini masih sulit ditemukan di wilayah manapun. Nama Epipremnum Hanoman sendiri dijadikan sebagai nama jual karena pada saat ditemukan tanaman tersebut memang tidak diketahui namanya. Sedangkan penambahan sp Bali pada penamaan tanaman karena tanaman tersebut pertama kali ditemukan di Bali.

Bentuk tanaman ini yang unik membuat banyak permintaan terus masuk untuk membeli tanaman hias tersebut. Hal inilah yang akhirnya menjadikan harganya melambung tinggi dan saat ini bahkan dibanderol mencapai 50 jutaan.

Sekilas informasi tentang Epipremnum sp Bali Hanoman. Semoga informasi ini bermanfaat.