Sambut Galungan dan Peringati Hari Pahlawan, BBB Jembrana Mereresik di Pura

HandmadNews – Menyambut datangnya Hari Suci Galungan dan Kuningan serta Hari Pahlawan, Bersih-Bersih Bali(BBB)Jembrana pada Minggu (7/11) melaksanakan kegiatan mereresik sampah plastik dan ngayah dipura kahyangan tiga desa adat Batuagung Jembrana.

Kegiatan yang dilaksanakan oleh komunitas BBB Jembrana ini dimulai dari pukul 08.00 wita dengan membersihkan, memungut dan memilah sampah plastik diarea Pura Kahyangan Tiga Desa Adat Batuagung,seperti di pura puseh, pura desa serta pura dalem desa adat Batuagung Jembrana.Sampah lalu dikumpulkan di TPS desa setempat. Disamping mereresik sampah plastik, para anggota  komunitas BBB Jembrana juga ikut mempersiapkan tempat sarana umat untuk melaksanakan persembahyangan saat Hari Suci Galungan dan Kuningan dipura tersebut.

Agung Ngurah Ari Kurniawan sebagai leader dari BBB Jembrana saat kegiatan mereresik mengatakan, kegiatan ini merupakan agenda dari BBB Jembrana untuk bisa ikut berpartisipasi ngayah dalam menyambut Hari Suci Galungan dan Kuningan serta  kegiatan ini juga dalam rangka memperingati Hari Pahlawan 10 November yang jatuhnya bersamaan dengan Hari Suci Galungan.

“jangan sampai area pura ini kotor dan tercemar  oleh sampah plastik,untuk itu mari kita jaga bersama kebersihan dan kesucian pura ini” tandasnya.
“Pura kahyangan tiga di desa  ini merupakan pusat dari krama atau warga adat untuk melaksanakan persembahyangan saat Hari Suci Galungan dan Kuningan” tambahnya.

Ida Bagus Mantra sebagai bendesa desa adat Batuagung menyampaikan apresiasinya terhadap komunitas BBB Jembrana.
“saya sangat mengapresiasi komunitas pemuda yang ikut peduli untuk menjaga kebersihan dan kesucian pura,dan semoga kedepannya banyak lagi komunitas-komunitas dari pemuda lainnya yang ikut peduli untuk menjaga kebersihan,keasrian dan kesucian pura” ungkapnya.