Cinta Punk, Pande Koleksi Ribuan Kaset Punk

HandmadNews – Banyak cara mengungkapkan kecintaan akan suatu gendre musik, mulai dari mengkoleksi foto, pernak pernik dan rilisan fisiknya. Salah satunya yang dilakukan oleh penggemar musik Punk asal Klungkung, Bali, Pande Oka Atmaja. Ia mengoleksi hampir seribuan rilisan kaset pita, cd hingga piringan hitam dari berbagai macam band punk baik Bali hingga luar negeri. “Kaset pertama yang saya beli itu kasetnya Greenday, kemudian Nofx, waktu itu saya masih SMP sekitar tahun 1998. Semakin banyak informasi, semakin banyak juga kasetnya” kata Pande.

Pande Oka Atmaja

Pande menambahkan, ia berburu kaset tidak  sendiri, pada waktu itu diantar oleh sang kakak. Kakaknya inilah sebenarnya yang banyak memberi info bila ada band punk yang merilis album. “Saya dikenalkan oleh kakak, dia suka musik punk, dia juga yang selalu kasih info bila ada band yang mengeluarkan album baru. Saya diantar dia untuk berburu kaset diseputaran Denpasar” kenang Pande.

Dari ribuan kaset, cd dan piringan hitam yang ia punyai, ia memilih kaset dari band melodic core asal Denpasar, The Brews yang paling langka. Kaset dari The Brews dengan judul album Melodicore Never Die ini dirilis pada 17 Mei 2000 (tertera dalam sampul album) dan hanya dirilis 50pcs saja, dengan cover album yang di sablon manual seadanya. Album ini di produseri sendiri oleh The Brews.
“Yang paling langka dari semua koleksi saya, ya kaset The Brews ini. Dari info kolektor lain, kaset ini paling susah dicari, mungkin sudah tidak ada lagi” terang Pande.

Kaset The Brews koleksi Pande

Pande mengaku tidak melakukan perawatan khusus untuk koleksinya, karena rak kaset ditempatkan didalam ruangan yang cukup kering. Selain itu kaset – kasetnya juga rutin diputar. “Tidak ada perawatn khusus, selain ditempatkan diruangan khusus yang kering juga saya rutin memutarnya” imbuh Pande.

Bagi teman – teman yang ingin melihat dan ikut memutar kaset – kaset koleksi Pande Oka bisa datang ke rumah Pande Oka di Jalan Sandat, Semarapura Kelod, Dekat Terminal Klungkung atau DM di akun Istagram @pande_oka_atmaja.
“Ayo maen – maen saja kerumah, sambil kita putar – putar kaset dan putar gelas” selorohnya.

“Oh iya saya juga ada program di Irama Jaya Radio (Radio Streaming) putar kaset koleksi saya sama Gilang Propagila mulai hari Rabu pukul 18.00 . Yang mau request juga bisa” tutup Pande.

THANK GOD FOR GOOD KARMA