FILTHS Ungkap Depresi Akibat Pandemi di Single ‘Stagnation’

HandmadNews – FILTHS, unit Metalcore yang terbentuk pada awal tahun 2012 tepatnya pada bulan maret baru saja merilis single dan music video ‘Stagnation’ pada 29 Oktober 2021.
Zola sang vokalis menceritakan, Stagnation sendiri mulai digarap awal tahun 2020 lalu. Lagu ini menceritakan tentang keresahan, kesedihan atau depresi yang mendalam akibat pandemi dan diperburuk oleh oknum-oknum yang memanfaatkan keadaan yang menyedihkan ini.
“Rasa pahit nan pengap membuat kaki ini seperti berdiri di atas titik nadir, raga dan akal sehat terjebak dalam belenggu, pun keadaan ini membuat pikiran kian kacau dan menutup asa, seperti mencari cahaya dalam kegelapan. Ya, merasa seperti terkubur dalam halusinasi karena waktu yang terus berjalan sedangkan langkah ini terus menepi dalam stagnasi, kekecewaan, kepedihan itu yang menghipnotis jari jemari dalam menulis lagu ini” jelasnya.

“Kami berusaha untuk tetap yakin bahwa kami bisa melewati ketidakpastian ini dengan penuh energi dari restu semesta, maka kami rangkum dalam satu bait chorus kami yaitu “Faith takes me to the place where I belong”, imbuhnya.

“Dalam pembuatan Video clip single Stagnation kami lakukan dengan konsep yang bisa memungkinkan kami tampil lengkap enam personil dalam satu frame, karena salah satu vokalis kami masih berada jauh di Australia dan photoshoot dalam sementara ini kami lakukan berlima”tambahnya.

Filths Beranggotakan enam personil diantaranya, Dedik sebagai clean vocal plus lead guitar, Zola Scream plus Clean Vocal, Yuda sebagai Guitarist, Bayu sebagai Bassist, Heno sebagai Synt atau keyboardist, Krisna Sebagai Drummer. Awal mula band kami Bernama Filth of drama dari tahun 2012 hingga 2020, namun pada pertengahan tahun 2020, kami sepakat untuk merubah nama (re-branding) band atau mempersingkat nama menjadi FILHTS.

Adapun beberapa band yang menginspirasi mereka di antaranya seperti, TDWP, Architects, Redfang, Deafheaven, Polaris, Loathe, Knocked Loose, Counterparts dan Spirit Box.