Hari Lahir Pancasila Momen Generasi Muda Bali Bangkit

HandmadNews – Sejarah lahirnya Pancasila yang diperingati setiap tanggal 1Juni, bermula dari judul pidato yang disampaikan oleh Sukarno dalam sidang Badan Penyidik Usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPK) pada 1 Juni 1945. Waktu itu Indonesia masih berada dalam cengkraman penjajahan Jepang. Dalam pidato inilah, konsep dan rumusan awal Pancasila pertama kali dikemukakan oleh Sukarno sebagai dasar negara Indonesia merdeka.

Momen peringatan hari lahirnya Pancasila sebetulnya banyak sekali nilai-nilai Pancasila yang bisa kita implementasikan dalam kehidupan sehari-hari, terutama peran kita sebagai gemerasi muda. Yogi Arya Dwi Putra melihat nilai-nilai yang terkandung disetiap Sila dalam Pancasila dapat diterapkan mulai dari lingkungan keluarga hingga ke tempat kita bergaul.
“Dengan berbudaya, beragama dan berinteraksi sosial secara progresif, dimana tradisional dan modern berjalan beriringan generasi muda bisa membangun jiwa Indonesia lebih baik” kata Yogi vokalis dari band metal Disco After Be Crazy ini di Denpasar.

Yogi Arya Dwi Putra

Yogi yang juga seorang anggota DPRD Kota Denpasar ini menambahkan, saat ini untuk lebih menanamkan nilai – nilai Pancasila ke generasi muda dibutuhkan juga peran para influencer. Karena saat ini suara para influencer ini lebih didengar oleh para muda.
“Peran influencer ini lebih menonjol jaman sekarang, influencer ini harus bisa menanamkan nilai Pancasila kepada para folowernya. Yang termudah bisa beretika & berperilaku baik” pinta Yogi.

Sementara itu pemuda lainnya yang juga influencer, Ida Bagus Agung Brahmadiguna atau yang akrab disapa Tolet mengatakan, lambang Burung Garuda Pancasila jangan hanya menjadi hiasan di depan kelas, kantor – kantor atau hanya dibaca setiap upacara bendera saja. Tetapi butir – butir Pancasila itu harus dipahami, diresapi dan  yang paling penting bisa diimplementasikan dalam kehidupan sehari – hari.
“Pancasila itu bukan pajangan, tetapi sebagai guideline kita menjalankan hidup sehari – hari di Indonesia ini” kata Tolet CEO Handmad Bali ini.

Ida Bagus Agung Brahmadiguna – Tolet

Tolet yang memiliki pengikut di Istragram sebangak 22ribuan, dengan nama akun @ajin_jenaka ini mengajak generasi muda harus mampu bertahan dan unggul di segala kondisi, salah satu caranya berkolaborasi dengan siapapun. Kolaborasi ini bukan hanya untuk memenuhi kepentingan individu, melainkan membangun bangsa Indonesia dari segala aspek. Salah satunya memajukan perekonomian melalui industri kreatif.
“Kita harus bangkit dan berkolaboarsi kalau mau memajukan Bali, Indonesia secara ekonomi. Saling support satu sama lain, bersatu kita semua, sesuai dengan Pancasila sila ke 3, Persatuan Indonesia” tutup Tolet vokali dari band Rajawali Ingkar Janji ini.

Selamat Hari Lahir Pancasila untuk seluruh Rakyat Indonesia!

THANK GOD FOR GOD KARMA