Pendiri Vans Meninggal di Usia 90 Tahun

Pendiri label Vans sekaligus pionir industri sepatu Paul Van Doren meninggal dunia di usia 90 tahun. Kabar kematiannya disampaikan lewat akun Instagram resmi Vans, Sabtu (8/5/2021).

Dengan berat hati Vans mengumumkan meninggalnya salah satu pendiri kami, Paul Van Doren.  Paul bukan hanya seorang pengusaha; dia adalah seorang inovator. Perusahaan Karet Van Doren adalah puncak dari eksperimen dan kerja keras seumur hidup di industri sepatu.  Eksperimen berani Paul dalam desain produk, distribusi dan pemasaran, bersama dengan bakatnya dalam angka dan efisiensi mengubah bisnis sepatu keluarga menjadi merek yang diakui secara global. Kami mengirimkan cinta dan kekuatan kami kepada keluarga Van Doren dan anggota Keluarga Vans yang tak terhitung jumlahnya yang telah menghidupkan warisan Paul. Terima kasih untuk semuanya, Paul. Anda akan sangat dirindukan tulis admin akun Instagram Vans.

Dilansir wwd.com, Sabtu (8/5/21), toko Vans pertama dengan nama The Van Doren Rubber Company pada 1966, oleh Van Doren bersama saudaranya James, dan mitra mereka Gordon C. Lee dan Serge Delia di Anaheim, California. Bisnis tersebut memproduksi sepatu dan menjualnya langsung ke publik. Slogan di kotak sepatu pertama adalah “Sepatu Kanvas untuk Seluruh Keluarga” oleh House of Vans.

Van Doren meluncurkan Vans dengan investasi sejumlah 250 ribu dolar AS pada 1966. Sekitar empat dekade kemudian, label sepatu itu diakuisisi oleh VF Corp., yakni pada April 2004 dengan nilai 396 juta dolar AS.

Dikutip dari laman Footwearnews, Van Doren merilis memoarnya yang berjudul Authentic, pada bulan lalu. Buku itu bercerita tentang awal ia terjun di industri sepatu sebagai bocah pelayan di Randolph Manufacturing Co. sekitar 1940an hingga mampu memajukan Vans seperti saat ini. Di dalamnya terdapat beragam pelajaran berharga dan wawasan yang didapatnya selama mengelola bisnis tersebut.

Berbicara tentang Vans di Indonesia, Bali khususnya kita tidak bisa melupakan kiprah salah satu brand lokal Bali, HANDMAD CAMPAH BALI.

Handmad Campah Bali sempat mewakili Indonesia diajang paling bergengsi yang diadakan Vans, yaitu ajang Vans Asia Custom Culture Competition ditahun 2018. Ajang ini adalah dimana setiap semiman dari seluruh Asia membuat karya seni di atas sepatu Vans. Handmad Campah Bali dengan karya Barong, menorehkan prestasi yang membanggakan Bali dan Indonesia dengan menjadi Winner Of The Month.

Hubungan Handmad Campah Bali dengan Vans tidak hanya sebatas di ajang Vans Asia Custom Culture Competition 2018 saja, tetapi Handmad Campah Bali sempat berkolaborasi dengan Vans mengeluarkan edisi Vans x Handmad Campah Bali.

RIP Paul Van Doren

THANK GOD GOR GOOD KARMA